Minggu, 31 Oktober 2010

Robot Rekam Letusan Gunung Berapi di Dasar Laut

Jakarta - Para ilmuwan sudah sepatutnya berterima kasih kepada Jason. Tanpa robot ini, mereka tak akan berhasil merekam letusan gunung berapi yang terjadi di dasar lautan Samudera Pasifik.

Ya, sebuah kapal selam robot yang dinamakan Jason berhasil menjadi saksi dari letusan sebuah gunung berapi yang berjarak 4.000 kaki di bawah permukaan air.

Gunung yang terletak di Samudera Pasifik, tepatnya berbatasan dengan Fiji, Tonga, dan Samoa, ditemukan oleh para peneliti pada bulan Mei silam.

Dalam sebuah konferensi di San Francisco, video rekaman berdefinisi tinggi tentang aktivitas gunung berapi itu kemudian dipertontonkan.

Seperti detikINET kutip dari Associated Press Writer, Senin (21/12/2009), aksi dari robot Jason ini membuat pengamatan yang benar-benar dekat menjadi kenyataan.

Para ilmuwan dari NOAA dan National Science Foundation belum pernah menyaksikan letusan yang mendalam dan sedetil ini.

"Kami belum melihat ini sebelumnya. Dan sekarang untuk pertama kalinya, kita melihat lava yang mengalir di dasar laut," ujar Yusuf Resing, kepala misi ilmuwan sekaligus staf ahli kelautan kimia di University of Washington.

Misi untuk merekam letusan gunung berapi di dalam laut menggunakan robot ini memerlukan waktu 25 tahun dalam pembuatannya. Namun, penantian yang begitu lama telah terbayar sudah.

Dari rekaman hasil ekspedisi "Mata Barat" ini, para ilmuwan berharap gambar, data, dan contoh yang diperoleh bisa memberikan pencerahan tentang bagaimana kerak bumi terbentuk.

Penelitian juga dapat membantu menjelaskan bagaimana beberapa makhluk laut bisa bertahan hidup dan berkembang dalam lingkungan yang ekstrim, dan bagaimana bumi berperilaku ketika lempeng tektonik bertabrakan.

Dengan temuan ini, para ilmuan juga diharapkan bisa mempelajari bagaimana bertahan hidup di lingkungan bawah laut. Sementara, para peneliti juga bisa melihat penciptaan material langka--cuma terjadi dalam satu juta tahun--yang disebut boninite.
( afz / rou )

Sumber :
Andrian Fauzi - detikinet
http://www.detikinet.com/read/2009/12/21/092044/1263366/511/robot-rekam-letusan-gunung-berapi-di-dasar-laut
21 Desember 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar