Minggu, 31 Oktober 2010

5 Gunung Api Indonesia Masuk Masa Erupsi

Politikindonesia - Ancaman letusan gunung berapi di Tanah Air masih tinggi. Setelah Gunung Merapi di Daerah Istimewa Yogyakarta meletus kemarin petang, ancaman lain masih ada. Hingga tahun depan, sedikitnya lima gunung berapi di Indonesia, mulai memasuki siklus erupsi.

Peneliti Badan Geologi Igan Sutawijaya, mengemukakan hal itu, di Bandung, Jawa Barat, Selasa (26/10).

Menurut Igan, aktivitas gunung-gunung tersebut dapat meningkat dalam waktu cepat sebelum memasuki fase erupsi. Kelimanya, Gunung Karangetang, dua gunung di Ende Flores, Gunung Lukono di Halmahera, dan satu gunung di Papua. Kelimanya memiliki siklus erupsi antara empat sampai delapan tahunan.

"Dalam beberapa tahun gunung aktif mengumpulkan energi. Pada periode tertentu, biasa disebut siklus erupsi, mereka akan mengeluarkan energi berupa letusan," ujar Igan Sutawijaya, di Bandung, Jawa Barat, Selasa (26/10).

Meski demikian iIgan belum dapat memprediksi pada tahun keberapa aktivitas gunung meningkat dan seberapa kekuatan letusan. Hal itu hanya dapat diketahui jika ada gejala awal dan penelitian kandungan asam sulfatara.

Igan memberikan contoh, Merapi memiliki siklus erupsi empat hingga tujuh tahunan. Merapi terakhir meletus 2006 dan tahun ini. Namun tahun ini menunjukkan gejala serupa.

Ia berharap pemerintah mulai memerhatikan hal tersebut. Caranya memperbanyak seismograf permanen dan gardu pengawasan di gunung aktif.

Sebab selama ini sebagian besar gunung terutama di luar Pulau Jawa hanya dipantau dari seismograf mobile tanpa sarana memadai.

Kondisi ini menyulitkan Badan Geologi Bandung dalam mendeteksi dini erupsi. Padahal, bila gejala erupsi diketahui secara cepat, pemerintah juga bakal cepat mengambil keputusan terkait keselamatan warga di sekitar gunung berapi. (mun/na)

Sumber :
http://www.politikindonesia.com/index.php?k=politisiana&i=12582
27 Oktober 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar